Tahun 2000 kerja serba mesin, berjalan berlari menggunakan mesin,
itu salah satu bait dari lagu bernuansa agama di era 90-an ,meski hanya sekedar
lirik dan lagu tapi teryata benar terjadi, abad 21 sekarang ini manusia tak
bisa lepas dari alat yang elektronik entah itu mobil, motor, televisi bahkan
gadget semisal smartphone, iphone dan lain-lain. Tak bisa di pungkiri
perkembangan zaaman berpengaruh besar terhadap semua sektor kehidupan manusia,
entah dari yang paling dasar hingga paling tinggi dan rumit. Tak dapat dipungkiri sektor
ekonomipun juga terkenaa imbas dari adanya era digital yang berkembang di
indonesia, jika dulu manusia membutuhkan waktu yang banyak dan lama untuk
mendapatkan sesuatu semisal makanan, kita cukup tinggal klik di sebuah aplikasi
maka makanan siap diantar dan tiba ditujuan, tanpa kita perlu berpeluh
menghampiri, justru makanan yaang akan menghampiri.
Penggunaan digital di indonesia semakin berkembang pesat di abad 21
ini, data statistik
menunjukkan bahwa di tahun penggunaan aplikasi digital untuk media digital
meningkat tajam, salah satu penggunaan aplikasi digital yang paling sering
digunakan memungkinkan seseorang mendapatkan yang diinginkan dalam sekali klik.
Online shop siapa yang tak kenal dengan kata ini, di era digital justru
berkembang bak jamur di musim hujan, dengan bantuan aplikasi yang mudah di
unduh maka kita bisa menikmati dan memilih produk di situs-situs online yang
bersangkutan. Sebut saja bukalapak, tokopedia dan yang lain-lain. Dengan
fitur-fitur yang semakin menarik membuat para pengguna digital semakin tergiur
sebut saja mulai dari diskon, harga yang bisa di nego sesuai budget , gratis
ongkir, dan bahkan bayar di tempat, membuat para konsumen semakin tergiur.
Dalam statistik indonesia menunjukkan alasan-alasan
kenapa seseorang tertarik dengan membeli online dibanding membeli langsung
dengan tatap muka seperti di zaman dahulu. Salah satu alasan yang menarik
adalah menghemat waktu , dimana kita tak perlu menghabiskan waktu di jalan
untuk datag ke sebuah pusat perbelanjaan / mall untuk membeli apa yang kita
inginkan, karena tak bisa di pungkiri waktu adalah uang, di kota besar seperti
jakarta, bandung, surabaya macet menjadi hal yang umum maka adanya online shop
yang berkembang pesat membuat konsumen mudah untuk mendapatkan apa yang dia
inginkan tanpa perlu bersusah payah.
Perkembangan ekonomi digital di indonesia
dalam angka menunjukkan
nilai yang semakin meroket , tapi sama hal nya dengan hal-hal baik dan positif
tak bisa di pungkiri sisi negative dari perkembangan ekonomi ini bak pisau
bermata dua.
Pengusaha retail skala kecil, pengusaha toko klontong atau toko
baju skala kecil yang menjual produk yang sama,
tapi dengan harga yang berbeda tentu saja semakin mati, omsetnya semakin
turun, kalah saing dengan online shop. Orang lebih suka untuk berbelanja dengan
menghemat waktu dari pada berjam-jam mematut baju di depan toko. Dalam data
statistik yang lain
menunjukkan bahwa beberapa orang cenderung lebih suka dengan berbelanja cara
lama, di antara alsan tersebut adalah maraknya kasus penipuan berkedok online
shop yang menjadikan mereka cenderung untuk mundur dan takut coba-coba meskipun
itu bukan pengalaman pribadi mereka. Ekonomi digital salah satunya online shop
inipun juga memiliki kelemahan untuk orang yang amatir dalam berbelanja yang
tak bisa membedakan bahan maka tak pelak kadang mereka cenderung berpaku pada
gambar yang berakhir dengan kekecewaan karena apa yang di dapat tak sesuai
dengan apa yang di harapkan. Situs aplikasi dari online shop ini memang bisa
dipercaya tapi dia tak menjamin bahwa toko di online hop yang bergabung menjamin
100 % nyata-nyata sesuai dengan harapaan / non penipuaan.
Keuntungan dari perkembangan pesat ekonomi digital inipun juga
mempengaruhi sektor lain, sebut saja penggunaan internet yang semakin sering ,
juga akhirnya berpengaruh juga pada peningkatan kualitas internet itu sendiri,
meningkatkan pelayanan sehingga pengguna tak perlu menunggu loading yang
terlalu lama (lemot/ slow/ no internet access) tidak terjadi lagi.
Menghadapi ekonomi asia, di era ekonomi digital ini, masyarakat
indonesia ini dirasa cukup dan mampu bertahan, mereka melakukan inovasi dan
juga terobosan yang menjadikan produknya layak dengan kualitas standar eksport.
Perkembangan ekonomi digital di indonesia diharapkan mampu semakin berkembang
pesat, memperbaiki kualitas tidak hanya dari segi produk yang di jual atau
ditawarkan tapi juga dari kualitas sektor –sektor lain yang berhubungan dengan
ekonomi digital, mulai dari infrastuktur mulai dari transportasi untuk
mempercepat transaksi, internet akses untuk memperlancar transaksi , peningkatan
sumber daya manusianya juga wajib dan harus di perbaiki kualitasnya.
Komentar
Posting Komentar